Selasa, 10 Juni 2014

PERAWATAN GIGI DI MALANG : BIAYA BEDAH MULUT ODONTEKTOMI DI POLIKLIKNIK UB

Hola galauers!!

Sekedar inpo, ane baru aja ngejalanin bedah mulut, istilah kedokterannya sih odontektomi. Ane juga pertama-tama rada ngeri gitu pas denger kata 'bedah', horor beud ya? Bedah mulut dilakukan saat gigi yang hendak dicabut tidak bisa diambil menggunakan proses cabut gigi biasa. Bisa karena tuh gigi tertanam didalem gusi, jadi butuh pisau bedah buat ngiris daging gusi baru tuh gigi bisa diambil. Horor ya?? BANGET!!

Pada kasus ane, odontektomi dilakukan karena gigi geraham bungsu ane tumbuhnya nyamping, jadi dia ngedorong gigi sebelahnya dan nyebabin gigi ane jadi berlobang. Mau gak mau musti cabut dulu biar gak ngerambet2.
 
Odontektomi hanya boleh dilakukan oleh dokter spesialis bedah mulut. Biasanya sih setelah konsultasi ke dokter gigi umum yang ada di puskesmas ataupun di rumah sakit, doi bakal ngerujuk kita ke dokter spesialis bedah mulut (gelarnya Drg. xxxxx Sp.BM). Setelah kita dirujuk, ada beragam rangkaian yang musti kita lalui. Pertama-tama yaitu kita musti foto panoramic. Tujuannya biar bisa ngeliat posisi gigi yang tertanam biar bisa dilakukan tindakan selanjutnya.
Biaya yang ane keluarin buat poto panoramic di fakultas kedokteran gigi Universitas Brawijaya cuma 100rb. Biayanya termasuk murah, soalnya pake KTM juga, dan yang nanganin adalah mahasiswa kedokteran yang lagi koas. Cakep dah!

Berikut penampakan panoramic ane :

Terusss... Setelah itu ane menuju dokter SpBM yang ada di poli UB. Setelah di 'interogasi' dan mulut ane diobrak-abrik, ane bikin janji buat tanggal operasi. Bla bla bla dan bla bla bla, waktu operasi tiba. Sehari sebelum operasi ane disuruh buat makan amoxcillin dan asam mefenamat, tujuannya buat meredam peradangan pasca operasi. Udah, ane dah lakuin semuanya. Tinggal pasrah diobrak-abrik nih mulut.

Kira-kira operasi berakhir sejam. Setelah itu ane dibilangin sama dokternya kalo ane gak boleh makan dulu selama 6 jam, dan belum boleh makan yang keras, dingin, dan panas biar jahitan di gusi gak lepas. Oke fine. Terus dokternya bilang juga, kalo setelah operasi, dipastikan pipi ane bakal membengkak, jadi ane disarankan buat banyak-banyak mangap dan rajin kompres pipi biar gak bengkak. Kok banyak mangap? Gatau, kata dokternya sih biar syaraf di area yang dioperasi biar bisa kerja dengan normal seperti sedia kala sebelum di bius. Okeh, fine.

Ane keluar ruangan, bayar ke kasir. Biaya yang ane keluarin buat operasi satu gigi Rp 375.000,-. Kalo ditambah biaya poto panoramic berarti totalnya Rp 475.000,-
Murah banget kalo dibandingin sama biaya odontektomi di RS Lavalette yang Rp 1.500.000,-

Biayanya murah karena pas kita operasi bakal ada dokter-dokter koas yang juga ikut melihat mengamati dan ikut suntik-suntik kita. Jadi kita disana juga ngebantu proses pembelajaran buat para dokter koas. Ibarat kata, model percobaan nyata. Hehehehe... Tapi tenang, yang nanganin buat bedahnya bukan dokter koas kok, tetep dokter SpBM nya yang bertindak. Dokter koas cuman duduk dipinggir kursi tok sambil catet-catet.

Nah, setelah proses operasi kelar, yang harus ane lakukan adalah dateng seminggu kemudian buat ngelepas jaitan. Setelah itu ane merdeka!! Gigi ane dah kinclong seperti sedia kala :-D

12 komentar:

  1. Ini di kedokteran gigi ub yg mt haryono atau di polinya yg di suhat pas operasinya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

      Hapus
  2. Kalo sekarang biayanya berapa ya? Apakah nyampek sejuta?

    BalasHapus
  3. Beneran itu gak sakit ya? Soalnya ud pernah cabut gigi sakit banget jadi trauma sampe dibor gr2 gakbisa kecabut smua :(, trus skrg masalahnya tumbuh gigi miring jd ketutup gusi dan bengkak nyeri banget...

    BalasHapus
  4. Beneran itu gak sakit ya? Soalnya ud pernah cabut gigi sakit banget jadi trauma sampe dibor gr2 gakbisa kecabut smua :(, trus skrg masalahnya tumbuh gigi miring jd ketutup gusi dan bengkak nyeri banget...

    BalasHapus
  5. kalo nambal gigi gitu, kira2 berapa ya? sama kalo ngilangin karang gigi juga kena brp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya dulu bersihin karang gigi kena 100rb.

      Hapus
    2. Itu semuanya atau per rahang bawah/atas gitu mas?

      Hapus
    3. Kalau mahasiswa UB bersihin karang gigi gratis tinggal tunjukin KTM. Di polikliniknya yaa, bukan RS.

      Hapus
  6. Mas kalo pasang behel berapa di UB?

    BalasHapus
  7. Kalo pake bpjs bisa Mas? Terus daftar nya di RSP UB bgmn? Thx

    BalasHapus
  8. harga segitu tergolong murah untuk kasus Gigi Impaksi

    BalasHapus