Rabu, 25 Desember 2013

Tips Menghilangkan Jerawat (khusus) Anak Rantau

Kenapa judulnya khusus anak rantau? Saya tahu, anak rantau adalah anak-anak dengan budget yang sangaaaaat terbatas. Makanya, saya tidak akan menyinggung masalah 'Hunting Dokter Kulit' sedikitpun disini. Selain mahal, saya tidak suka dengan obat-obat dokter yang menyebabkan ketergantungan. Setuju Rantauaers?? *SETUJUU

Bagi yang ingin tips mahal tentang dokter kulit dan salon spa klinik kecantikan mahal dekaka sekalian, silahkan kunjungi blog lain. Postingan ini hanya untuk anak rantau yang mencintai perawatan rumahan yang aman dan murah meriah. Saya rada ngusir, maaf. Hahahaha :-P

Okeh, sebelum kita mulai tips-tipsnya, saya ingin memberitahukan kepada Rantauers sekalian 'penampakan' saya beberapa tahun yang lalu ketika jerawat masih bersemi dimuka saya.


Poto ini diambil saat saya masih kelas 1 SMA, taun 2009. Sebenarnya jerawat terparah ada saat saya kelas 2 SMP (2007), apadaya karna keterbatasan teknologi disaat itu, tidak ada poto yang mengabadikan wajah saya yang sedemikian parahnya, hingga saya yang masih berusia 14 tahun tersebut dikira ibu-ibu berusia 45 tahun. So ngenes!! Hahaha.. Di poto ini, jerawat saya sudah berkurang 50 persen setelah saya menjalankan ritual yang saya lakukan untuk menghilangkan jerawat yang memenuhi semua muka saya.. Bisa dibayangkan? Silahkan anda membayangkan betapa mengerikannya muka saya saat SMP dulu.

Okeh, tanpa panjang lebar, mari kita bahas ritual-ritual yang saya lakukan untuk memberantas jerawat tercinta.
1. Rajin cuci muka
 
Ini adalah ritual paling penting yang harus Rantauers lakukan! Jerawat muncul karena pori-pori kulit tertutup oleh debu-debu yang menempel pada kulit yang berminyak. Selain itu, kulit yang jarang dibersihkan membuat bakteri tumbuh subur. Hiiiyy!! 

Bagi yang males membersihkan muka, saya sarankan anda memulai kebiasaan secepat mungkin. Tidak harus dengan sabun muka yang mahal dengan embel-embel ANTI JERAWAT dekaka, cukup dengan sabun muka yang kamu punya (seperti olay, ponds, clean and clear) yang bisa ditemui dengan mudah dipasaran. Bersihkan muka dengan teratur, jangan terlalu sering. Saran saya, cukup 3x sehari. Yaitu pagi setelah bangun tidur, jam 12 saat sholat zuhur atau makan siang, dan malam sebelum tidur. Bisa juga setiap wudhu saat sholat 5 waktu, tanpa menggunakan sabun, muka dibasuh menggunakan air sampai terasa minyak diwajah hilang semua. 

Untuk yang memiliki kulit berminyak, lebih disarankan menggunakan sabun muka yang berbentuk gel. Hindari sabun yang berbentuk scrub, karna akan membuat kulit kehilangankelembaban alaminya. 

2. Pake krim malam
Selain krim pagi, atau pelembab muka DAY, krim malam juga sangat penting untuk menutrisi kulitmu. Kulit yang terkena polusi seharian butuh untuk mendapatkan nutrisi yang cukup untuk meregenerasi kulit yang rusak akibat polusi. Dipakai setelah membersihkan muka sebelum tidur yaaa..
 
Oh ya, sekedar tambahan, untuk pelembab muka pagi, gunakan pelembab berbentuk LOTION. Muka yang berminyak akan tambah berminyak jika menggunakan pelembab berbentuk krim karena susah diserap oleh kulit.

3. Rajin maskeran setiap seminggu sekali
Jika budget terbatas, ritual ini boleh diabaikan. Tapi untuk hasil maksimal, maskeran perlu dilakukan untuk mengelupaskan kulit yang mati. Fungsinya untuk menghilangkan noda bekas jerawat agar muka tampak kinclong. Sebelum maskeran, baiknya muka dibersihkan menggunakan sabun muka, setelah itu di-peeling, baru diaplikasikan masker ke muka. Untuk muka berjerawat, saya rekomendasikan madu asli atau ampas teh hijau yang sudah didinginkan. Boleh digunakan bersama-sama, boleh digunakan terpisah.


4. Pijat muka pake minyak zaitun setiap malam 
Pijat berfungsi untuk melancarkan peredaran darah, agar kulit muka senantiasa sehat. Ritual ini tidak wajib, tapi untuk mendapatkan hasil yang masksimal, saya sarankan anda untuk mencobanya. Pijat yang dilakukan dengan benar dan teratur menjaga agar kulit tetap awet muda dan selalu kencang.

5. Banyak makan sayur dan buah
Ini adalah syarat mutlak jika ingin memiliki kulit yang bagus. Tubuh perlu vitamin, begitu juga kulit. Mulailah mengonsumsi sayur dan buah setiap hari. Tidak harus buah yang mahal seperti apel, buah seperti pisang ataupun pepaya juga bagus untuk kulit.

6. Banyak minum air putih
 Air putih bagus untuk hidrasi kulit.

7. Rajin olahraga
Olahraga yang teratur meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Metabolisme yang bagus, membuat kulit terjaga kesehatannya.

8. No gorengan! 
It's a big NO NO for gorengan! Gorengan membuat muka memproduksi minyak berlebih, yang membuat jerawat tumbuh subbuuuur!!!

9. Jangan ngatain orang lain jerawatan
Oke, hukum karma selalu berlaku. Percaya atau tidak, saat kita mengatakan hal buruk tentang orang lain, biasanya perkataan kita akan balik kepada diri kita sendiri. Tuhan Maha Tahu, sebaiknya jaga diri agar tidak menyakiti orang lain dari perkataan yang menyakitkan. 

Oke, itulah ritual-ritual yang telah saya terapkan selama beberapa tahun ini untuk memerangi jerawat. Memang hasilnya tidak secara otomatis langsung didapatkan. Butuh waktu yang lama agar jerawat tercinta bisa pergi dengan sukarela. Dengan kesabaran, dan juga doa, akhirnya saya  mendapatkan muka bebas jerawat yang telah saya idamkan sejak dulu. Berikut 'penampakan' saya saat ini :

Ini poto saya pas kelas 3 SMA (2011)




Ini poto saat saya jadi maba, semester 1 (2012)




 
Ini poto saya terbaru saat mengikuti lomba paduan suara di kampus, semester 3 (2013)

Semua poto pure tanpa hasil editan. No photoshop or photoscape. Sangat berbeda dengan muka saya yang beruntusan saat SMP doeloe. Huhuhu.. Benar-benar masa yang menyeramkan.

Oke, sekian tips (atau ritual?) dari saya. Semoga menginspirasi para Rantauers agar tetap berjuang memiliki kulit cantik tapi dengan biaya yang seminim mungkin. Jangan menyerah! Saya sudah membuktikannya, sekarang giliran anda!! Hehehe..

3 komentar:

  1. Harga bedaknya cukup mahal bagi kantong anak rantau sist

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa? Itu loh muraaaaaah... Jangan disamakan dengan SK II, gempor saya klo yg itu. Hehehe

      Hapus