Selasa, 04 Juni 2013

Perbedaan Teknik Bioproses UB dengan Teknologi Bioproses UI

Hello Galauers!! (haaai..)

Masih galau? Tenang, ane datang membawa pencerahan :D
Usai memposting tentang prospek kerja teknik bioproses, ane kebanjiran pertanyaan dari Galauers se-Indonesia di akun twitter ane. Wuidih, pertanyaannya membludak membahana badai (CTARR CTARRR!! GLUDAK GLUDUK!!)

Dari sekian banyak pertanyaan dari remaja labil lulusan SMA yang sedang galau mau kuliah dimana, ane mutusin buat memposting tentang PERBEDAAN TEKNIK BIOPROSES UB DENGAN TEKNOLOGI BIOPROSES UI. Walau sejujurnya hingga saat ini ane masih bingung mengapa, mengapa, MENGAPA?? namanya berbeda, ane coba nyimpulin dikit-dikit dari berbagai sumber.

Dari pada ane banyak cingcong, mending langsung kita bahas aje dah. Cekidot!

Kakak, kakak, akuh bingung beud nich.. Aku udah nanya kemana-mana tapi belum ditanggepin. Harapanku tinggal kakak.. Hiks.. Kak, beda Teknik Bioproses UB ma Teknologi Bioproses UI apaan ya?
Kesian sekali nasib dikau dek, cup cup cup :)
Setauku sih, keduanya gak beda-beda amat, tapi tetep ada beda nya. Mari kita tinjau satu-satu. (jeng.. jeng..) :

1. Teknologi Bioproses UI sudah punya lulusan, sedangkan Teknik Bioproses UB belum. Wajar, karena UI udah lebih dulu punya Bioproses ketimbang UB. Saat ini, di UB baru ada 3 angkatan, yaitu angkatan 2010, 2011, dan 2012 (angkatanku). Nah, jaman kalian maka baru ada 4 angkatan, makanya Teknik Bioproses UB belum punya lulusan.

2. Teknologi Bioproses UI masuk di Fakultas Teknik, sedangkan Teknik Bioproses UB masuk Fakultas Teknologi Pertanian. Apakah ini mengindikasikan bahwa Teknik Bioproses UB cenderung ke Pertanian? Tidak juga. Sampai saat ini, detik ini, saya tidak menyentuh mata kuliah tentang pertanian sedikitpun. Seperti Universitas lainnya, Fakultas Teknologi Pertanian memang BIASANYA punya program studi yang nyeleneh. Kayak di IPB contohnya, mereka punya Teknik Mesin dan Biosistem, mereka juga punya Teknik Sipil dan Lingkungan.

Kalo kita bilang TBP (teknik bioproses) UB gak sekeren UI gara-gara masuk Fakultas Teknologi Pertanian, nggak jugaa.. Soal kelengkapan alat-alat teknik, TBP UB gak ada kurang-kurangnya. Malah terlalu lengkap sampe lab-nya aja dipinjem fakultas lain.


3. Kurikulum TBP UI gak sama-sama banget ma TBP UB. Didapat dari blog mahasiswa TBP UI, saya coba mengidentifikasi perbedaannya.

Kurikulum Teknik Bioproses UB
(sumber http://tp.ub.ac.id/wp-content/uploads/2011/06/Kurikulum-FTP-2012.pdf)




 

















Kurikulum Teknologi Bioproses UI
(sumber http://bioprocesshere.wordpress.com/2013/01/20/kurikulum-2012-2017-teknologi-bioproses-ui/)




 Kalo dilihat dari kurikulum di tiap Universitas, , ada mata kuliah yang ada di TBP UB dan tidak ada di TBP UI begitupun sebaliknya. Seperti pada TBP UB, ada mata kuliah Robotika, sedangkan di TBP UI punya mata kuliah seni/olahraga. Mata kuliah yang ada di keduanya pun pada dasarnya sama, hanya beda penyebutan. Tapi ya, setelah saya bandingkan, kayaknya TBP UB mata kuliah yang di tawarkan 'Lebih Teknik' di bandingkan TBP UI. Terlalu banyak Fisika yang berkeliaran. Huuftt.. Ini hanya menurut pendapat saya setelah melihat kurikulum yang ada, silahkan anda sendiri yang menilai.


3. Lulusan Teknik Bioproses UB bergelar STP (Sarjana Teknologi Pertanian) karena masuk di Fakultas Teknologi Pertanian, sedangkan lulusan Teknologi Bioproses UI bergelar ST (Sarjana Teknik) karena masuk di Teknik Kimia.


4. Teknologi Bioproses UI adalah jurusan yang memiliki pelajaran fisika yang paling sedikit (Anata, 2013). Beda dengan Teknik Bioproses UB yang hampir tiap mata kuliah nya berbasis FISIKA. Itulah mengapa Bioproses di UI menggunakan kata TEKNOLOGI sedangkan di UB menggunakan TEKNIK. Begono cuuuy.. Gak percaya? Liat table kurikulum di atas :D

Waduh? Kayaknya masuk UB ngeri yah, fisika semua! 
Gak juga ah, fisika nya gampang kok (secara aku cinta fisika sedari dulu). Menurutku ya, TBP UB tuh emang memberikan kemampuan yang dibutuhkan para alumninya saat lulus ntar. Gak cuma bisa teori, tapi juga praktek-praktek nya. TBP UB tuh secara gak langsung MAKSA lulusannya biar serba bisa. Kemampuan fisika terapan (Pindah Panas, elektronika dan instrumentasi, robotika dkk) itu emang kemampuan yang dibutuhin buat seorang anak teknik bioproses. Ngeliatnya emang serem sih, tapi setelah dijalanin, kamu pasti akan terbiasa dengan keteknikan. Gak serem kok, malah seruu!!

Wah, wah.. Aku jadi tertarik masuk Teknik Bioproses UB neh, kayaknya keren banget! 
Hoho, iya dong. Anak Teknik Bioproses..

Terus, prospek kerja anak Teknik Bioproses sama gak sama anak Teknologi Bioproses?
Oh, jelas beda dong. Kalo anak Teknologi Bioproses lebih ke Teknologi nya, seperti proses-prosesnya. Sedangkan anak Teknik Bioproses bisa ke bagian Teknologinya dan bagian Keteknikannya. Kamu bahkan bisa merambah dunia Perbengkelan karena ada mata kuliah perbengkelan di semester 5. Kalo mau nyempil ke gizi dan pangan pun bisa, karena ada mata kuliah kimia pangan. Mau ke teknik lingkungannya? Bisa, karena TBP UB mempunyai mata kuliah analisis lingkungan. Mau bidang apalagi hah? Tanya, tanya!!

Hahaha.. Oke kak, aku PUAS banget nanya sama kakak. Pencerahan dari kakak sangat mencerahkan. Aku gak bakal ragu lagi buat milih TBP UB di SNMPTN/SBMPTN!
Iya, iya.. Jangan lupa di share ke temen-temen yah biar mereka juga nggak galau lagi :)

23 komentar:

  1. Oia, Kak, buat peluang beasiswa besaran mana sama TPB UI? Dan, kalo TPB UI kan lanjut bioteknologi buat master bisa. Kalo TPB UNBRAW PASTI BISA kan? Thanks.

    BalasHapus
  2. Yang namanya beasiswa itu, dimana-mana peluangnya sama. Kan donor-donor (yang ngasih beasiswa) itu udah ngasih jatah yang sama di tiap universitas. Besar atau kecil peluang itu kamu yang nentuin. Beasiswa swasta yang ada di UI maupun UB itu sama saja kok. Di UI ada beasiswa Djarum, di UB juga ada.Pertamina? Dikedua-duanya ada. Bidik misi? ADA!

    Jadi, soal beasiswa gak usah khawatir lah. Buat aja prestasi banyak-banyak, kumpulin sertifikat, besarin IP, mahirin bahasa Inggris, aku jamin beasiswa yang bakal nguber-nguber kamu :D

    Kalo soal ngelanjutin ke Master, aku rasa bisa aja. Secara bidang Teknik Bioproses itu memang mendalami bioteknologi juga (baca kurikulum), ya nyambung lah kalo memang mau lanjut ke Bioteknologi.

    Buat lebih jelasnya, ntar aku tanya ke Papi Dekan FTP ya..

    BalasHapus
  3. kak aku daftar sbmptn di teknik bioproses UB do'ain bisa masuk ya ? :-)

    BalasHapus
  4. Oh, jadi begitu perbedaannya. Nice post kak, doain aku lulus sbmptn teknik bioproses ub biar bisa ketemu kakak :D

    BalasHapus
  5. Kak, yang di mata kuliah Teknologi Bioproses UI itu, di semester 1-2 MPKT B & MPKT A itu pelajaran apa ya ? Kuliah nya sampe jam berpa sih kak biasanya

    BalasHapus
  6. kak, kalau masalah prospek kerja mana sih yg lebih baik antar T.kimia UI dan TBP UI?? #mohon infonyaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prospek itu kita yang menentukan. Keduanya sama-sama dari Universitas yang ternama (UB vs UI gitulooh), dan sama-sama BARU DIBUAT. Jadi kalo masalah prospek, tergantung orangnya juga sih. Buat lebih jelasnya, coba lihat di postinganku 'Prospek Kerja Teknik Bioproses'.

      Hapus
  7. sip, ,
    tapi di kurikulum UB smster 4 5 6 itu punya TSAL dek, soalnya drainase, survei pemetaan TBP gk ada, dia ke TSAL. salah print screen mgkin smpyan, coba' dicek lagi.! :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh, iyakah? Oke tak cek doeloe.. Tenkyu atas ketelitiannya kaka :-D

      Hapus
  8. pengen daftar kesana.
    moga ktrima yaa...

    BalasHapus
  9. pengen banget masuk teknik biop ub tapi fisikanya kok banyak bangeeett kaka

    BalasHapus
  10. Linuxer kah?
    wah, teknik bioproses mahir linux? hebat

    BalasHapus
  11. di ITB juga ada loh kakak....tapi namanya "Rekayasa Hayati"/Bioengineering :)
    http://www.sith.itb.ac.id/bioengineering/?page_id=110

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahuku sih, yg di ITB itu buat S2 gak sih? Bio-engineering berbeda sama bioproses. Bio disini merujuk ke Biological engineering, yaitu teknik biologis. Aku gak terlalu tahu kalo di ITB, secara bioproses yang terdaftar di Indonesia cuma 2 sampai saat ini. Menurutku sih bio-engineeringnya ITB gak sama sama bioprocessnya UI dan UB.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  12. itu buat S1 kak.
    bio-engineeringnya ITB juga merujuk ke teknik bilogi kok kak, sama aja. Malah biological engineering yg sebenarnya itu ya rekayasa hayatinya ITB

    BalasHapus
  13. kak, aku masih bingung. itu kalau SNMPTN daftarnya ke pertanian dulu apa langsung ke teknik bioproses
    makasih..

    BalasHapus
  14. Teknik Bioproses itu BUKAN di Fakultas Pertanian, tapi di Fakultas TEKNOLOGI Pertanian. Meski namanya mirip, tapi cakupannya bedaaaaa banget. Aku gak ngerti jalan ceritanya SNMPTN sekarang, tapi kalo jamanku dulu sih langsung aja masukin kodenya Teknk Bioproses.

    BalasHapus
  15. Kak, saya kelas 12 sma. Masih bingung mau milih jurusan mana, tapi yang mengarah ke biologi.. Saya mohon pencerahan ya kak, perbedaan antara Bioengineering ITB, TBP UI sama UB apa yah? Kalo bisa dari semua aspek, terimakasih kak :)

    BalasHapus
  16. Oia, kak, satu lagi hehe kalo peluang kerja di luar negerinya gimana?

    BalasHapus