Selasa, 04 Juni 2013

Prospek Teknik Bioproses : Kinclong nya Teknik Bioproses se-Kinclong Masa Depanku

Wahai jiwa-jiwa galau! (haaaai..)
 
Saya tau kegalauan anda tentang Teknik Bioproses UB, segalau saya 1 tahun yang lalu. Udah fakultasnya gak nyambung (Teknologi Pertanian bow, PERTANIAN!), alumni belum ada (secara baru angkatan ke-3), passing grade nya rendah lagi! Rasanya malu-maluin banget gak sih masuk Teknik Bioproses UB?!

Santai galauers, sesungguhnya persepsi yang kamu punya sekarang hanya kepalsuan semata. Meski Teknik Bioproses (sebut saja TBP) masuk FTP, tapi tidak mengurangi kekerenan TBP. Justru FTP adalah fakultas yang tepat buat TBP. Bayangkan, di TBP itu mencakup semuanya. Tidak hanya biologi aja dan kimia aja, tapi juga keteknikan (mesin-mesin) dan programming. FTP mempunyai segaaaaalanya! Mulai dari lab TPPHP (mengolah pangan gitu), lab TSAL (lingkungan gitu), lab DDM (daya dan mesin kayak traktor dan teodolite), lab Manajemen Operasi (ini yang menyeramkan), sampe lab Mekatron (robot-robot dan alat-alat macho lainnya). Saking komplitnya, lab di FTP sering dipinjem fakultas lain buat praktikum! Canggih gak tuh?!

Tapi kok passing gradenya rendah?
So what?? Passing grade itu cuma buatan lembaga Bimbel aja, yang diambil dari hasil Try Out nasional kalian. Passing grade resmi dari Universitas tuh gak pernah di Publikasikan secara resmi. Ane aja sampe sekarang gatau berapa nilai ane pas tes SNMPTN kemaren -_-

Oh, jadi gitu. Trus bagaimana agan ngejelasin tentang akreditasi TBP?
Akreditasi itu diberikan setelah ada lulusan. Lah, wong TBP aja masih se-bayi ini? Belum ada lulusan coy, masih angkatan ke-tiga!

Sabar gan, namanya juga nanya. Maklum maba galau. Hehe.. Trus, prospeknya Teknik Bioproses kalo udah lulus apa aja?
Nah, ane suka pertanyaan ini. Udah beribu umat nanya ane tentang prospek TBP. Baik di FB ane ataupun twitter ane. Ane dah jawab satu-satu.
Berikut kompilasi jawaban ane :
  1. Teknik Bioproses itu jurusan yang langka, lulusan yang paling dicari malahan! Namanya aja Bioproses, pasti ngurusin proses-prosesnya kan? Lulusan bioproses itu paling dicari karena bisa segalanya.
    Anak bioproses itu pasti ngerti Robotika kayak anak Teknik Elektro, ngerti Programming kayak kayak anak Teknik Komputer, ngerti desain kayak anak DKV, ngerti obat-obatan kayak anak Farmasi, ngerti pengolahan limbah kayak anak Teknik Lingkungan.
    Anak bioproses juga harus ngerti manajemen kayak anak Ekonomi dan Bisnis, ngerti pertanian kayak anak Pertanian, dan ngerti manusia kayak anak Kedokteran.
    Kalo bisa ngerekrut satu orang yang bisa segalanya, ngapain ngerekrut banyak-banyak coba??

  2. Kalo mo nyari kerja gampang! Contohnya aja kakak kelas ane. Dia belum lulus aja udah di ‘pesen’ ma perusahaan susu. Keren punya gak tuh?
    Agak sombong bentar ya gan, ane juga kalo lulus udah ada yang pesen lho.. Daerah ane sampe ngasih ane beasiswa buat kuliah disini biar pas ntar lulus gak ke daerah lain.
    Bidik misi? Bukan. Daerah ane sadar kalo lulusan bioproses tuh bermanfaat bagi nusa dan bangsa, jadinya ane di ‘himbau’ buat mengabdi ke daerah. Ane mah santai, gak dihimbau pun ane bakal pulang kampung. Hehehe..

  3. Sekadar bocoran, Teknik Bioproses masuk kedalam listnya perusahaan besar pemberi beasiswa! Waw!! Dari sekian banyak jurusan dan program studi di Indonesia, hanya 20-an yang masuk list, dan Teknik Bioproses UB salah satunya! Pemberi beasiswa aja yakin sama lulusan bioproses, masa calon maba nya enggak?

  4. Banyak perusahaan yang bisa kita masukin (buat ngelamar kerja tentunya). Ane kasih tau yang ada di daerah ane aja ya : PTBA (batu bara), Sampoerna Agro (sawit-sawit), Pusri (pabrik pupuk terbesar se-Indo), Pertamina, pabrik Teh Dempo, dkk. Agan mo daftar dimanapun pasti diterima lah. Yakin aja! Tinggal pilih bagian apa aja bisa, secara anak bioproses ngerti segalanya gitulooh..

  5. Yang pingin jadi dokter, tapi ngerasa kemampuan diri (budget dan otak) gak ngedukung, TBP adalah pilihan tepat. Hohoho.. Di TBP juga belajar tentang proses kehidupan manusia, jadi sedikit banyak belajar tentang penyakit-penyakit juga.

  6. Kalo mo kerja di perusahaan make up juga bisa. Saingan sama anak farmasi tentunya :D 

  7. Gaji anak Bioproses itu kalo di perusahaan swasta minimal 5juta rupiah! Itu buat yang kroco-kroco lho.. Kalo udah lama, beuh.. Berpuluh juta menanti anda perbulannya. Gak percaya? Ane tau apa yang kalian tidak tahu. Hohoho..
Waw, ane terharu membacanya gan. Tapi ane masih galau buat milih TBP UB. Lokasinya ituloh Malang melintang sekaleee.. Jauh di ujung Jawa! Kalo ane merantau sendirian kan takut juga..Apa ane milih TBP UI aja ya?
Yaelah gan.. Liat ane dong! Ane cewek, n ane sendirian disini. Tanpa sanak saudara, seorang diri merajut sepi. Hiks hiks..
Meski jauh di ujung Jawa, Malang mah asik punya. Orangnya ramah-ramah. Kalo buat tingkat keamanan pergaulan, buat anak perantauan sih masih aman. Ane aja sampe sekarang gak macem-macem kok. Tidak se-menyeramkan Jakarta dan Surabaya, apalagi Bandung. Hiiiy!! Anak-anak Malang itu culun-culun, lugu-lugu, jadi gak adalah yang namanya nakal ala anak ibukota. Ngedrugs lah, narkobaan, sex bebas (Naudzubillah..) mungkin aja ada, tapi temen-temen ane yang ane kenal gak ada tuh yang begituan. Ke kampus aja pake gamis dan pake baju-baju culun lainnya.
Di Malang itu asik punya buat anak culun perantauan kayak kita. Gak perlu malu ke kampus pake baju culun dan sepeda ontel-an. Disini mah sepeda-an jadi trend.
*ane culun and ane bangga

Lho, ane gaul nih, cantik lagi, trus kalo mo gaya gimana dong?
Hehe.. Tenang, ane gini-gini ngerti fashion juga. Untuk info tempat gaul Malang, ada di posting ane berikutnya.

Sipp.. Ane bahagia nanya sama agan. Jadi makin yakin ma pilihan ane. TBP UB, I’m Coming!!
Cyapsss, ditunggu pas ospek ya Dek :D

 -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editan dikit, saya sempat bertanya dengan Papi Dekan TEP FTP mengenai prospek kerja Teknik Bioproses UB. Beliau menjelaskan bahwa mahasiswa TBP UB yang bergelar STP (Sarjana Keteknikan Pertanian) fokus kerjanya akan lebih ke arah pangan dan pengolahannya. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan lulusan TBP akan jadi teknisi juga, karena memang pendidikan yang diajarkan kepada mahasiswa lebih mengacu ke ke-teknisi-an. Berbeda dengan lulusan FTP jurusan lainnya (TIP dan THP), TEP UB memang ditakdirkan (hiks..) dengan bejibun mata kuliah fisika dan matematika ditambah segelintir mikro-mikroan, manajemen-an, bisnis-bisnis-an dan pangan-panganan.

Gak usah galau ntar lulus kuliah mau kerja dimana. Gak usah galau juga pas ngetik di mbah Google dengan keyword 'Prospek Kerja Lulusan Teknik Bioproses' yang muncul dikit. Ini Program Studi BARU, yah jelaslah infonya juga dikit. Buat gampangnya aja ya, kita, mahasiswa Teknik Bioproses adalah Sarjana Teknologi Pertanian. Beuuuh, guampang Rek nyari kerjaaa!! Mo jadi dosen juga gampang, secara STP juga dikit di Indonesia, hehehe.. Gak usah bimbang gak usah ragu, yakinlah bahwa TBP, khususnya yang di UB, memberikan jaminan masa depan yang baik selama kamu saat juga kuliah memberikan yang terbaik. SEMANGAT!!

7 komentar:

  1. Nice info, izin share ya..

    BalasHapus
  2. Kak, aku udah keterima di TBP UB nih, tp aku masih ragu mau aku ambil atau enggak. Soalnya kalo aku nyari pekerjaan yg dari jurusan bioproses di situs searching jobs kok gak ada ya kak? Apakah kita nanti bakal kesulitan?

    BalasHapus
  3. ka izin share lagi boleh ya, nice info abisnya buat aku yg pengen masuk jurusan teknik bioproses UB, semoga keterima ya kak mohon doanya

    BalasHapus
  4. ka. gmn udh lulus? kerja di mana skrg? saya baru lulus thn 2017 ini dari sma. dan lolos teknologi bioproses UB

    BalasHapus